Rabu, 02 November 2011

pengertian istilah dalam dunia internet

1.      Account Adalah data tentang seseorang, minimal terdapat username dan password
2.      Browser adalah menjelajah dengan mengikuti link di halaman web.
3.      Chatting adalah istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
4.      Client adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya di kendalikan / digunakan oleh seorang user.
5.      Cookies adalah sebuah file kecil yang tersimpan pada cache folder dari sebuah program webbrowser, yang digunakan untuk penandaan data atau profile dari user, jika user tersebut memasuki kembali website yang di kunjungi. Dan juga tidak memerlukan player untuk menjalankannya.
6.      Connect adalah hubungan yang dibutuhkan internet agar dapat memudahkan (melancarkan) segala urusan dalam proses browsing.
7.      Craker adalah seseorang yang membuat program unuk menembus system keamanan secara illegal.
8.      Cyberspace adalah dunia maya
9.      Cybercrime adalah tindak kejahatan di dunia maya yang dilakukan oleh orang yang tidak   bertanggung jawab
10.  Dial Up adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telpon
11.  Disconnect adalah memutuskan hubungan natera computer dan jaringan
12.  Domain adalah Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs web tersebut digunakan.
13.  Download adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user.
14.  DSL adalah satu set teknologi yang menyediakan penghantar data digital melewati kabel yang digunakan dalam jarak dekat dari jaringan telepon setempat. Biasanya kecepatan downolad dari DSL berkisar dari 128 kbit/d sampai 24.000 kb/d tergantung dari teknologi DSL tersebut.
15.  E-Commerce Electronic Commerce adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce
16.  E-Mail adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.
17.  E-Payment adalah pembayaran melalui media internet.
18.  Firewire adalah adalah merek dagang apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394 sony.
19.  Flames adalah Amukan seseorang terhadap orang lain melalui Internet. Flame biasanya dilontarkan terhadap orang yang melanggar kesopanan.
20.  Flatride adalah Menunjukkan struktur harga yang menetapkan biaya tetap tunggal untuk layanan, terlepas dari penggunaan.
21.  Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
22.   Freeware adalah Aplikasi yang dapat didownload dan digunakan secara gratis.
23.  Hacker adalah seorang yang ahli dalam bidang komputer, internet pada khususnya, dimana dengan keahliannya tersebut dapat menembus, merusak, serta melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dalam suatu jaringan komputer (termasuk internet). Misalnya merusak website yang ada, merusak program yang telah di buat oleh webmaster, atau administrator.
24.  Homepage adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet, jika user memasuki alamat site tersebut pada webbrowser.
25.  Hypertext
26.  HTML Hyper Text Markup Language, adalah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah halaman webpage.
27.  HTTP atau Hyper Text Transfer Protocol adalah kode yang dituliskan pada awal site, untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http.
28.  Hyperlink adalah hubungan anatar satu halaman web dengan web lainnya
29.  IRC adalah IRC adalah singkatan dari Internet Relay Chat. Secara kasar, IRC adalah media untuk berbicara real time dengan orang lain di Internet.
30.  ISP Internet Service Provider, adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet.
31.  Log in otorisasi yang dilakukan oleh seorang user dengan memasukkan username dan password di dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
32.  Log out tidak melanjutkan kembali atau keluar dari sebuah sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
33.  Mailing list adalah sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
34.  Modem Modem : adalah alat komunikasi tambahan yang digunakan oleh komputer / notebook agar bisa melakukan koneksi dengan jaringan komputer lain
35.  Newsgroup adalah suatu fasilitas di internet yang dapat digunakan untuk melihat dan mengirimkan berita ke sebuah kelompok atau forum tertentu. Misalkan jika terdapat sebuah forum newsgroup yang membahas mengenai kosmetika remaja, maka kita dapat ikut serta dalam forum tersebut dengan mengirimkan serta melihat berita atau pendapat yang terdapat pada newsgroup tersebut.
36.  Netter adalah seorang atau organisai yang menggunakan internet.
37.  Offline adalah tidak terhubung ke jaringan internet.
38.  Onlineadalah terhubung ke jaringan internet.
39.  Plug in adalah Bagian kecil dari suatu software yang menambahkan fitur-fitur ke bagian yang lebih besar dari software tersebut.
40.  POP adalah post office protocol yaitu protocol yang digunakan untuk mengambil email di internet.
41.  Proxy server adalah server yang menjembatani computer-komputer dalam suatu jaringan agar terhubung ke internet.
42.  Server adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
43.  Soft copy adalah Dokumen yang dibuat menggunakan komputer dan disimpan pada suatu media penyimpanan.
44.  Spam adalah Pesan berupa e-mail masal yang tidak qta inginkan, bisa berup pesan tak berarti atau iklan yang kurang bermanfaat dari pihak yang tidak dikenal.
45.  Spider adalah Tool yang bertugas untuk menggali informasi dari blog anda.
46.  Surfing adalah istilah yang digunakan untuk mem-browse, meng-explore, atau ‘berjalan-jalan’ di dunia internet dengan menggunakan program webbrowser, dimana kita dapat menjelajahi dunia internet yang sangat luas tersebut.
47.  Shareware adalah Software yang diberikan secara gratis dalam bentuk uji coba (trial) yang diasumsikan bahwa banyak yang membutuhkan atau mau membelinya di kemudian hari.
48.  TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
49.  Update adalah memperbaharui program
50.  Upload adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.

2 komentar: